Pengaruh Citra Merek dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Studi Pada CV 1001 Garut

Main Article Content

Hari Mulia
Novi Andini

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang citra merek, atribut produk, dan keputusan pembelian serta untuk mengetahui pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian, pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian, dan pengaruh citra merek dan atribut produk terhadap keputusan pembelian pada produk nasi liwet instan 1001 di CV 1001. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif, sedangkan populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli atau mengetahui produk nasi liwet instan 1001. Adapun teknik sampling yang digunakan yaitu insidental sampling dan penentuan jumlah sampel dihitung dengan rumus Lameshow yaitu sebanyak 68 orang. Berdasarkan pengolahan data dengan menggunakan SPSS versi 20, menyatakan bahwa instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dinyatakan valid karena masing-masing variabel memiliki nilai yang lebih besar dari r tabel sebesar 0,238 dan dinyatakan reliable karena  masing-masing variabel memiliki nilai yang lebih besar dari alpha cronbach sebesar 0,600. Dari hasil perhitungan secara parsial diperoleh bahwa citra merek mempengaruhi keputusan pembelian dengan hasil kuat sebesar 0,616 dan koefisien determinasi sebesar 37,95%. Selanjutnya atribut produk mempengaruhi keputusan pembelian dengan hasil kuat sebesar 0,734 dan koefisien determinasi sebesar 53,87% sisanya sebesar 45,10% dipengaruhi oleh faktor–faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.. Sedangkan hasil uji citra merek dan atribut produk secara simultan mempengaruhi keputusan pembelian dengan hasil kuat sebesar 0,741 dan koefisien determinasi 54,90% sisanya sebesar 45,10% dipengaruhi oleh faktor–faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Article Details

How to Cite
Mulia, H., & Andini, N. (2020, March 23). Pengaruh Citra Merek dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian. PRISMAKOM, 16(1), 54-63. https://doi.org/https://doi.org/10.2301600/prismakom.v16i1.43
Section
Articles

References

Aaker, David A. dalam Aris Ananda. 2010. Manajemen Ekuitas Merek : Memanfaatkan Nilai dari Suatu Merek. Jakarta : Spektrum Mitra Utama
Abdullah, Thamrin dan Francis, Tantri. 2013. Manajemen Pemasaran. Cetakan Ke 2. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Ali, Hasan. 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta : CAPS Adam Akbar. 2012. Jurnal Analisis Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas
Produk Terhadap Keputusan Pembelian Notebook Toshiba. Jurnal Manajemen Pemasaran
Alma, Buchory dan Saladin, Djasmin. 2010. Manajemen Pemasaran: Ringkasan Praktis, Teori, Aplikasi dan Tanya Jawab. Bandung : CV Linda Karya
Alma, Buchory. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta
Arikunto, Suharsimi. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
Jakarta : Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
Jakarta : Rineka Cipta.
Budiasih, Yanti. 2012. Statistik Deskriptif Untuk Ekonomi dan Bisnis. Tangerang : Jelajah
Christoper lovelock. H Lauren K Wright. 2011. Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT. Indeks
Charles W Lamb. dan Carl Mc Daniel. 2011. Pemasaran. Jakarta : Salemba Empat
Danang, Sunyoto. 2013. Dasar-dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CAPS Hani, Handoko. 2017. Manajemen. Yogyakarta : BPFE
Hasan, 2002. Pokok-Pokok Materi Metedologi Penelitian dan Aplikasi Penelitian.
Jakarta : Ghalia Indonesia
Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta : Erlangga

Husein, Umar. 2011. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi 11.
Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Hukum,unsrat.ac.id. Undang-Undang Republik Indonesia No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Dikutip pada hari Jumat 05 April 2019
Indrawan, Rully dan Poppy, Yuniawati. 2014. Metodologi Penelitian: kuantitatif, kualitatif, dan campuran untuk manajemen, pembangunan, dan Pendidikan. Bandung : PT Refika Aditama
Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi ke-
12. Jakarta : Erlangga
Kotler dan Keller. 2009. Manajemen pemasaran jilid 1 . Jakarta : Erlangga Kotler dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga
Kotler Philip, dan Amstrong, Gary. 2013. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi ke 12
Jakarta : Erlangga.
Riadi, Edi. 2016. Statistika penelitian (Analisis Manual dan IBM SPSS).
Yogyakarta : CV. Andi Offset
Riduwan, Sunarta. 2012. Pengantar Statistika. Bandung : Alfabeta
Robbins, P. Stephen dan Mary Coulter. 2012. Manajemen. Diterjemahkan oleh Bob Sabran, Wibi Hardani, Jakarta: Erlangga
Sangadji, E.M dan Sopiah. 2013. Prilaku Konsumen : Pendekatan Praktis disertai
: Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta : Penerbit Andi
Ali, Hasan. 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta : CAPS Simamora, dalam Sulistian, Ogi. 2011. Komponen Pembentuk Citra Merek Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2014. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suharno. 2010. Marketing in practice. Edisi pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu Sumarwan, Ujang. 2010. Prilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya dalam
Pemasaran. Bogor : Penerbit Ghalia Indonesia
Terry, George dan Leslie W. Rue, 2010. Dasar-dasar Manajemen. Cetakan ke 11.
Jakarta: PT Bumi Aksara
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi pemasaran. Edisi ke III. Yogyakarta: CV Andi Offset
Tjiptono, Fandy. 2011. Manajemen dan strategi merek, seri manajemen merek 01.
Yogyakarta: CV Andi Offset
Tjiptono, Fandy dan Greorius, Chandra. 2012. Manajemen Pemasaran Strategik.
Yogyakarta : CV Andi Offset
Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa, Prinsip, Penerapan dan Penelitian.
Jakarta: Andi Publisher
Tjiptono, Fandy, 2015. Strategi pemasaran. Yogyakarta: CV Andi Offset
Tony, Wijaya. 2011. Manajemen Kualitas Jasa, Cetakan ke 1. Kembangan- Jakarta Barat: PT. Indeks
Umar, Husein. 2007. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada
Umar, Husein. 2011. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi II. Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada