Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Citra Perusahaan Studi Pada CV CemilanKunik Garut

Main Article Content

Suca Rusdian
Amellia Octaviani Putri

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Corporate Social Responsibility terhadap Citra Perusahaan pada CV. CemilanKunik Garut.  Metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan metode asosiatif, dimana metode penelitian desktiptif adalah penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri baik satu variabel atau lebih (independen) tanpa membuat perbandingan, atau menghubungkan antar variabel satu dengan yang lain. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan 90 sampel yang diambil dari populasi sebanyak 850 orang.Teknik analisis data diawali dengan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Korelasi dan Uji Determinasi. Berdasarkan hitungan statistik dan pengolahan data diperoleh nilai koefisien korelasi rank spearman 0,671, maka dapat diinterpretasikan bahwa pengaruh variabel X (Corporate Social Responsibility) terhadap variabel Y (Citra Perusahaan) dikategorikan kuat. Kemudian dilakukan uji determinasi besarnya pengaruh variabel X (Corporate Social Responsibility) memberikan kontribusi pengaruhnya sebesar 45,1% terhadap variabel Y (Citra Perusahaan) dan sisanya 54,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya yang dalam penelitian ini tidak diuraikan lebih lanjut. Dari uraian tersebut dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh positif antara corporate social responsibility terhadap citra perusahaan.

Article Details

How to Cite
Rusdian, S., & Putri, A. (2020, March 17). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Citra Perusahaan. PRISMAKOM, 16(1), 12-20. https://doi.org/https://doi.org/10.2301600/prismakom.v16i1.37
Section
Articles
Author Biography

Suca Rusdian, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yasa Anggana

Dosen Program Studi Manajemen

References

Gassing, S. Syarifuddin. 2016. Public Relation Ed 1. Yogyakarta : CV. Andi Offset.
Hartman, L.P dan J. Desjardins. 2011. Etika Bisnis : Pengambilan Keputusan Untuk Integritas Pribadi dan Tanggung Jawab Sosial. Jakarta : Erlangga.
Kotler, Philip and Nancy Lee. 2015. Corporate Social Responsibility, Doing The Most Good For Your Company and Your Cause. New Jersey : John Wiley.
Kotler, Philip dan K.L Keller. 2012. Manajemen Pemasaran Ed.12. Jakarta : Erlangga.
Mankiw, N.G . 2011. Principle of Economics (Pengantar Ekonomi Mikro). Jakarta : Salemba Empat
Rudito, Bambang dan Melia Famiola. 2013. Corporate Social Responsibility. Bandung : Rekayasa Sains.
Solihin, Ismail. 2009. Corporate Social Responsibility from charity to sustainability. Jakarta: Salemba Empat.
Sugiyono, 2013.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.
………… 2016.Metode Penelitian Administrasi. Bandung : Alfabeta.
Surachman. 2008. Dasar – Dasar Manajemen Merek. Malang: Bayumedia Publishing.
Susanto, A.B. 2009. Reputation Driven Corporate Social Responsibility Pendekatan Strategic Management Dalam CSR.Jakarta : Erlangga.
Umar, Husein. 2002. Metode Penelitian Aplikasi dalam Pemasaran.Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama
Untung, H.B. 2009.Corporate Social Responsibility. Jakarta : Sinar Grafika