Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Terhadap Disiplin Kerja Aparatur Negara Studi Pada Dinas PUPR UPTD Peralatan dan Perbengkelan Kabupaten Garut

Main Article Content

Adryan Septiady

Abstract

Menurut Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2010 Tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil pasal 1 ayat 1 menyatakan bahwa Disiplin Pegawai Negeri Sipil adalah kesanggupan Pegawai Negeri Sipil untuk menaati kewajiban dan menghindari larangan yang ditentukan dalam peraturan perundang-undangan dan/atau peraturan kedinasan yang apabila tidak ditaati atau dilanggar dijatuhi hukuman disiplin. Tingkat disiplin kerja pegawai dalam bentuk kehadiran sangat rendah sebesar 17%, tidak sesuai standar minimal kehadiran yaitu 80% per bulannya di Dinas PUPR yang ada di Kabupaten Garut. Ketidakhadiran pegawai diketahui dikarenakan banyaknya ijin tanpa alasan. Menurut Susilo (2007:165) bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi disiplin kerja karyawan salah satunya kepemimpinan dan motivasi.    


Hasil uji statistik penelitian menunjukan kepemimpinan pejabat dan motivasi secara parsial berpengaruh terhadap terbentuknya disiplin kerja pegawai di Dinas PUPR UPTD Peralatan dan Perbengkelan Kabupaten Garut. Dan kepemimpinan pejabat dan motivasi secara simultan pun berpengaruh terhadap terbentuknya disiplin kerja pegawai di Dinas PUPR UPTD Peralatan dan Perbengkelan Kabupaten Garut. Sedangkan, berdasarkan hasil analisis menunjukan pengaruh langsung kepemimpinan terhadap disiplin kerja lebih besar dibandingkan melalui variabel motivasi.

Article Details

How to Cite
Septiady, A. (2019, December 4). Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Terhadap Disiplin Kerja Aparatur Negara. PRISMAKOM, 12(1), 69-79. https://doi.org/https://doi.org/10.2301600/prismakom.v12i1.34
Section
Articles

References

Bambang Wahyudi. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Sulita.
Danang Sunyoto. 2015. Penelitian Sumber Daya Manusia. Jakarta: Buku Seru.
Eko, Widodo Suparno. 2015. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
George Terry dan Leslie W. Rue. 2010. Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Juliansyah Noor. 2014. Analisis Data Penelitian Ekonomi dan Manajemen. Jakarta : PT. Grafindo.
Kartini Kartono. 2008. Pemimpin dan Kepemimpinan, Jakarta: PT. Rajawaligrafindo Persada.
Kodoatie, Robert J. 2005. Pengantar Manajemen Infrastuktur. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Siagian P, Sondang. 2000. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta : Rineka Cipta.
S.P,Hasibuan, Malayu. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sudjana. 2000. Metode Statistika. Bandung : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.