Pengaruh Desain Produk Terhadap Mutu Produk Studi Pada PT Jusindo Sumber Prakarsa Garut

Main Article Content

Hari Mulia

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang pada fluktuatifnya jumlah produk gagal atau cacat pada PT. Jusindo Sumber Prakarsa-Garut, fenomena ini dapat disebabkan oleh berbagai hal salah satunya adalah desain produk yang diterapkan perusahaan bagi para pelanggannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui desain produk mempengaruhi mutu produk. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen dari PT. Jusindo Sumber Prakarsa,  sedangkan sampel yang diambil sebanyak 68 responden dengan menggunakan teknik non probability sampling dengan pendekatan incidental sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Data kuantitatif dalam penelitian ini diperoleh melalui kuesioner dimana data yang telah dihimpun selanjutnya diolah dengan menggunakan aplikasi pengolah data statistik IBM SPSS 21.


Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil bahwa instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dinyatakan valid dan reliabel karena memiliki nilai yang lebih besar dari r tabel yakni sebesar 0,200. Dari hasil uji korelasi antara variabel desain produk terhadap mutu produk diperoleh korelasi sebesar 0,566. Hal ini menunjukan adanya hubungan yang positif antara desain produk terhadap mutu produk. Besarnya pengaruh antara dua variabel tersebut sebesar 30,7% dan sisanya sebesar 69,3% dipengaruhi oleh faktor – faktor lain yang tidak dibahas pada penelitian ini seperti faktor harga, kesadaran merek, dan faktor lainnya. Sedangkan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t yang menyatakan bahwa desain produk berpengaruh secara positif terhadap mutu produk.Tanggapan responden tentang desain produk dan mutu produk  pada PT. Jusindo Sumber Prakarsa-Garut termasuk dalam kategori baik.

Article Details

How to Cite
Mulia, H. (2019, December 4). Pengaruh Desain Produk Terhadap Mutu Produk. PRISMAKOM, 12(1), 36-54. https://doi.org/https://doi.org/10.2301600/prismakom.v12i1.32
Section
Articles

References

Alma, Buchari. 2000. Manajemen Pemasaran Jasa Cetakan Ke empat. Bandung ; Alfabeta
Daryanto, 2012. Sari Kuliah MANAJEMEN Poduksi ; Bandung ; PT. Sarana Tuorial Nurani
Dudung Agus, 2012. Merancang Produk ; Bandung ; PT Remaja Rosdakarya
Hasan, M. Iqbal. 2002. Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian Dan Aplikasinya: Bogor. Ghalia Indonesia.
Haming dan Nurnajamuddin, 2014 Manajemen Produksi Modern Operasi Manufaktur dan Jasa buku 1 Edisi 3 ; Jakarta
Heizer, Jay. & Barry. Render. 2015 Manajemen Operasi Manajemen Keberlangsungan dan Rantai Pasokan edisi 11 ; jakarta ; Salemba Empat
Moh. Ali Ramdani. 2014 Manajemen Operasi ; Bandung ; CV. Pustaka Setia
Pontas M. Pardede, 2007. Manajemen Operasi dan Produksi ; Yogyakarta ; CV. Andi Offset
Roger G. Schroeder, 1999. MANAJEMEN OPERASI pengambilan Keputusan dalam Suatu Fungsi Operasi ; PT. Gelora Aksara Pratama
Sugiyono, 2014. Cara Mudah Menyusun: SKRIPSI,TESIS, dan DESERTASI, Bandung: Alfabeta
Suyadi Prawirosentono, 2001. Manajemen Operasi : Analisis dan Studi Kasus, edisi ke 3 cetakan ke 1, Jakarta ; PT. Bumi Aksara
Suyadi Prawirosentono, 1996. Manajemen Operasi ; PT. Bumi Aksara
Umar, Husein. 2007. Metode Penelitian untuk Skripsi dan tesis. Jakarta: Rajawali Pers.
William J. Stevenson & Sum Chee Choung, 2014. Edisi 9 Buku 2 Manajemen Operasi perspektif asia ; Jakarta ; Salemba Empat
Zulian Yamit, 2011. Cetakan kelima Manajemen Produksi & Operasi ; Yogyakarta ; EKONISIA
Zulian Yamit. 2013. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta ; Ekonsia.