Pengaruh Kualitas Jasa Dan Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan Studi Pada Hotel Tirtagangga Garut

Main Article Content

Dadang Syafarudin
Sriwendah Ismayanti

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kepuasan pelanggan pada Hotel Tirtagangga Garut yang dirasa masih kurang optimal karena masih banyak faktor yang mempengaruhinya. Hal ini dilihat dari jumlah pemesanan kamar yang cenderung menurun serta kurangnya tamu kamar yang merekomendasikan Hotel Tirtagangga Garut sebagai hotel pilihan kepada rekan atau relasinya.


Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan metode penelitian deskriptif asosiatif kausal. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah tamu kamar  Hotel Tirtagangga Garut pada tahun 2017, sedangkan sampel yang diambil sebanyak 68 orang responden dan penarikan sampel menggunakan Accidental sampling.


Berdasarkan hasil pengolahan data yang diperoleh dengan menggunakan SPSS Versi 16, bahwa instrumen yang digunakan dalam penelitian ini dinyatakan valid dan reliabel karena memiliki nilai yang lebih besar dari r tabel sebesar 0,235. Dari hasil uji korelasi diperoleh keterangan bahwa kualitas jasa mempunyai pengaruh yang kuat terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai sebesar 0,607 Dan koefisien determinasi sebesar 37,8%. Selanjutnya relationship marketing memiliki pengaruh yang sedang terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai sebesar 0,462 dan koefisien determinasi sebesar 21,4%. Kemudian kualitas jasa dan relationship marketing secara bersama – sama mempunyai pengaruh yang kuat terhadap kepuasan pelanggan dengan sebesar 0,619 dan koefisien determinasi sebesar 38,3%.

Article Details

How to Cite
Syafarudin, D., & Ismayanti, S. (2019, December 3). Pengaruh Kualitas Jasa Dan Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan. PRISMAKOM, 12(1), 1-9. https://doi.org/https://doi.org/10.2301600/prismakom.v12i1.29
Section
Articles

References

Arikunto, S. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers.
Buchari, Alma . 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa . Bandung: Alfabeta. (Edisi Revisi)
Hasan, M. Iqbal. 2002. Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Bogor: Ghalia
Indrawan,R & Yaniawati R.P. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran Untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan, Bandung: Penerbit PT Refika Aditama
Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2012. Prinsip- prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller., 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga Belas. Jilid 1. Dialih bahasakan oleh Bob Sabran MM, Jakarta: Erlangga
Lovelock, Christoper & Lauren K Wright.2007. Manajemen Pemasaran Jasa, PT. Indeks, Indonesia
Saladin, Djaslim. 2010. Manajemen Pemasaran: Teori, Aplikasi dan Tanya Jawab. Bandung: Linda Karya.
Setyaningrum, Ari . 2015. Prinsip – Prinsip Pemasaran. Edisi Kesatu. Yogyakarta: Penerbit ANDI
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Administrasi dan Metode R&D. Bandung: CV. Alfabetha
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, Fandi. 2011. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Bayu Media Publishing